Menunaikan Ibadah Haji

Farzany
By -
Islam adalah agama yang diturunkan Allah SWT melalui utusan - Nya yaitu Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat manusia yang mendapat petunjuk dan hidayahNya.

Sebagai agama yang menaungi pemeluknya, Islam mempunyai aturan ibadah yang di sebut Rukun Islam atau 5 pilar dimana diantara satu dengan yang lainnya saling menguatkan,
Sabda Nabi Muhammad SAW :

Didirikan Islam atas lima, persaksian bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, menunaikan ibadah haji dan berpuasa di bulan Ramadhan
 Artinya : "Didirikan Islam atas lima, persaksian bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, menunaikan ibadah haji dan berpuasa di bulan Ramadhan" (H.R. Bukhari)

Menunaikan Ibadah Haji ke Baitullah adalah salah satu dari rukun Islam atau salah satu dari kelima pilar yang di jalankan oleh seluruh umat Islam yang ada diseluruh penjuru dunia. Semua umat Islam berkeinginan menunaikan ibadah haji dan merasa terpanggil untuk melaksanakan kewajiban yang telah ditetapkan Allah SWT, Firman Allah :

Dan bagi Allah atas manusia wajib berkunjung ke Baitullah bagi mereka yang mampu melakukan pada perjalanannya
Artinya : "Dan bagi Allah atas manusia wajib berkunjung ke Baitullah bagi mereka yang mampu melakukan pada perjalanannya" (Q.S. Ali Imran : 97).

Betapa bahagia dan bersyukurnya bagi mereka yang dapat menjalankan dan mematuhi semua aturan Tuhannya, karena surga telah disediakan bagi mereka, Firman Allah :

Dan barang siapa yang mentaati kepada Allah serta utusan Nya, maka dia akan memasukkan orang itu ke dalam surga
Artinya : "Dan barang siapa yang mentaati kepada Allah serta utusan Nya, maka dia akan memasukkan orang itu ke dalam surga" (Q.S. An Nisa : 13).

Dan alangkah meruginya atas mereka yang menderita didalam neraka karena sikap mereka yang tidak tanggap dan kurang memperhatikan atau menyepelekan petunjuk Allah, Allah SWT berfirman :

Dan barang siapa yang mendurhakai kepada Allah dan utusanNya serta dia melanggar beberapa peraturanNya, Dia akan memasukkan orang itu ke dalam api neraka
Artinya : "Dan barang siapa yang mendurhakai kepada Allah dan utusanNya serta dia melanggar beberapa peraturanNya, Dia akan memasukkan orang itu ke dalam api neraka..... " (Q.S. An Nisa : 14).

Amalan Ibadah Haji ke Baitullah adalah cita-cita yang suci setiap jamaah umat Islam untuk mendapat ridho Allah, rahmat dan berkahNya. Demikian kekuatan doa dapat kita panjatkan karena Allah Maha mengabulkan doa dan Allah Maha Mengetahui. Doa yang calon haji panjatkan atau doa yang dapat kita amalkan sebanyak mungkin untuk mendapat ridhoNya :

Ya Allah, sampaikanlah aku ke Mekkah, Madinah, dan Arafah, serta berilah aku rezeki ( untuk menunaikan ) haji yang mabrur, berilah aku keridhoan, dan ampunilah aku, kasihanilah aku, maka tolonglah aku mengatasi kaum yang ingkar
"Allahumma balighnaa makkata wal madiinata wal àrofata warzuq nal khajjal mabrur wardho ànnaa waģfir lanaa warkhamnaa anta mawlaana fanshurnaa àlal qaumil kaafiriin"

Artinya : "Ya Allah, sampaikanlah aku ke Mekkah, Madinah, dan Arafah, serta berilah aku rezeki ( untuk menunaikan ) haji yang mabrur, berilah aku keridhoan, dan ampunilah aku, kasihanilah aku, maka tolonglah aku mengatasi kaum yang ingkar".

Bersyukurlah bagi mereka yang mampu dan telah menjalankan ibadah haji ke Baitullah.
Dan sebagai umatNya yang mengenang keindahan saat mereka menunaikan ibadah haji dan merindukan untuk mengulang kembali berkunjung dan menjadi tamu Allah SWT, perbanyaklah berdoa :

Ya Allah berilah aku rezeki agar bisa kembali lagi ke Mekkah dalam keadaan selamat, mendapat berkah dan kebaikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Menguasai segala sesuatu
"Allahummar zuqnal àwda ilaa makkata fissalaamati walbarokati walkhoiri innakaa àlaa kulli syai ìn qodiir"

Artinya : "Ya Allah berilah aku rezeki agar bisa kembali lagi ke Mekkah dalam keadaan selamat, mendapat berkah dan kebaikan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Menguasai segala sesuatu".

Aamiin Yaa Rabbal Àlamiin.
Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!