Sholat Tahajud

Apabila Nabi SAW. Sholat Tahajud di waktu malam, beliau membaca:


"Ya Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta apa yang didalamnya. BagiMu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta apa yang di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta apa yang di dalamnya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta apa yang di dalamnya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar, Muhammad adalah benar, kejadian hari kiamat adalah benar. Ya Allah kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lewat dan yang akan datang. Engkaulah yang terdahulu dan yang terakhir, tiada Tuhan kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan kecuali Engkau"
(HR. Bukhari dan Muslim 1/432)

Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat" (HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad saw :
"Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam". (HR Muslim)

Allah berfirman :

ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا

"Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji" (QS Al-Israa' : 79)

Dari Jabir r.a., ia barkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW. Bersabda: Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam" (HR Muslim dan Ahmad)

"Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa."
(HR Ahmad)
Share this post :

Mengenai Saya

Foto Saya

Indonesia Tanah Airku tempat aku dibesarkan, Islam (Muslim) menjadi sandaran hidupku yang menuntun diriku ketempat yang Abadi
 
Copyright © 2012. DOA UMAT ISLAM - All Rights Reserved at Bogor - Indonesia
| | | | | | | | Proudly powered by | Blogger